Lewat Catatan Singkat, Parosil Mabsus ucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila ke 73 Tahun



Selamat Hari Lahir Pancasila! Merdeka !!
Ass.wr.wb.. Selamat Pagi..

Hari ini, Jumat 1 Juni 2018, tepat 73 tahun hari lahir nya Pancasila. Ya, Pancasila merupakan gagasan Soekarno dalam berbangsa dan bernegara. Beliau memaparkan Pancasila melalui pidato politik di sidang BPUPKI di Gedung Pancasila (1 Juni 1945) yang disambut tepuk tangan 65 anggota sidang. Dan akhirnya semua bersepakat, menjadikan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia. Lalu, sebagai generasi penerus, kita wajib menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam bernegara dan bermasyarakat.

Menurut saya, Pancasila 1 Juni 1945 adalah bintang penuntun arah dalam mewujudkan persatuan nasional dan tatanan masyarakat adil, makmur, sejahtera, berlandaskan musyawarah mufakat dan prinsip-prinsip gotong royong. Harapan nya, Pacasila sebagai dasar dan haluan negara mampu menciptakan masyarakat yang berwatak demokratis, berbudaya, berprestasi, modern dan berketuhanan YME.

Selanjut nya, dengan semangat beguai jejama, kita wajib menerapkan nilai-nilai Pancasila di tingkatan lokal Lampung Barat. Menjadikan Pancasila sebagai nilai dalam menjalankan roda pemerintahan dan bermasyarakat merupakan wujud kecil penerapan nilai Pancasila. Selanjur nya, hal tersebut coba kami (Pemkab Lambar) aplikasikan melalui program-program kerakyatan sebagai jawaban dari problem mendesak rakyat Lambar. Diantara nya: Program Beasiswa Kedokteran, Seragam Sekolah Gratis, Ambulan Hebat, Bedah Rumah, Umroh Gratis, Program Literasi, dll merupakan sekelumit dari program prioritas PM dalam membangun Lambar.

Dan tak lupa, dalam berdialektika kami mengunakan "Demokrasi partisipatoris" sebagai pijakan dalam merumuskan dan membuat sebuah kebijakan. Hal tersebut tercermin dari gelaran "Musrenbang Terbuka" oleh Pemkab Lambar di semua tingkatan. Menurut saya, kehadiran dan suara rakyat menjadi vital dalam merumuskan, menetapkan, menjalankan, memantau dan mengevaluasi jalan nya program pemerintahan. Ya, hal tersebut wujud dari demokrasi rakyat, musyawarah mufakat.

Selanjut nya, dalam mewujudkan cita-cita bersama "Lampung Barat Hebat" disegala Bidang. Pemkab Lambar sebagai pelaksana pembangunan sangat membutuhkan kehadiran rakyat dan pihak terkiat lain nya guna memuluskan hal tersebut. Jadi, kolaborasi pemerintah dan rakyat berlandaskan pancasila dan nilai beguai jejama menjadi wajib hukum nya. Dan saya sebagai orang yang dipercaya mengemban amanah rakyat, Insyaallah siap berdialektika bersama rakyat mewujudkan hal tersebut. Tercipta nya Lambar Hebat disegala bidang. Jadi, tanpa kalian (rakyat), kami (Pemkab Lambar), bukan siapa-siapa. Dan tanpa kalian, kami tak kan ada.

Terimakasih Banyak.. Salam buat keluarga di rumah. Sukses dan sehat selalu untuk kita semua.. Selamat berpuasa dan raih kemenangan..

Wass.. Wr.Wb.. Merdeka !! Merdeka !! Merdeka !!

Lambar, 1 Juni 2018

Ttd
Parosil Mabsus (PM)
Bupati Lampung Barat

Comments